Jadi dahulu kala pas masih a-be-ge, waktu SMP sampai dengan SMA wajah ku dipenuhi dengan jerawat kecil-kecil di dahi. Semua obat jerawat tidak mempan. Bahkan Almarhumah ibu ku rajin mengajak ku untuk facial dari jaman SMP. Makanya sempat trauma dengan facial karena itu jadi rutinitas yang menyakitkan di masa itu 😅 

Selain facial, dulu juga disuruh mencoba2 berbagai obat jerawat, sampai perawatan dr. Affandi yang waktu itu obatnya cuma di dapat dari Semarang pun dijabanin. Termasuk semua sabun muka dari mulai Putri, Bixre, sampai Clxnxc pun dicoba. Tapi jerawat kecil-kecil itu tetap aja membandel di dahi kuu. 

Memasuki masa kuliah, karena almarhum ibu dan adik2 pindah ke kota jogja, jadi sudah tidak pernah facial lagi, dan bahkan cenderung cuek merawat wajah. Lebih seringnya cuma pake cleansing milk dan toner di malam hari. Tapi yang mengagetkan, malahan jerawat yang memenuhi dahi perlahan menghilang dengan ajaibnya. Orang2 waktu itu bilang kemungkinan jerawat di dahi itu dikarenakan perubahan hormon pas abege (Ok lah nurut ajaah). 

Pernah waktu itu menginap di tempat sepupu, tidak bawa cleansing milk dan memakai sabun muka kepunyaannya; setelah dua hari wajah kupun mulai ditumbuhi jerawat. Yang kemudian menghilang setelah tidak dipakai lagi sabun muka lagi. Dan karena kejadian ini berulang kali terjadi, kalau pakai sabun muka selama dua hari berturut2, apapun merek sabun mukanya, dari yang murah sampai yang mahal, jerawat selalu timbul. Akhirnya aku pun berkesimpulan kulit wajah ku tidak cocok memakai sabun muka. Lebih baik cuci muka tanpa sabun kalau tidak ada cleanser milk. 

Dan asumsi (atau kenyataan) itu berlangsung sampai dengan dua tahun lalu, setelah lebih dari 20 tahun aku menghindari sabun muka (jangan hitung umur yaa 🙈). Tahun lalu Young Living mengeluarkan rangkaian Skin Care yaitu Bloom Skincare Set.  Yang terdiri dari Bloom Brightening Cleanser, Bloom Brightening Essence, dan Bloom Brightening Lotion



Sebagai member dari Young Living, langsung donk aku membeli tiga rangkaian skincare Bloom nya Young Living karena sepertinya bagus untuk mencerahkan kulit dan aku liat komponen nya pun bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya yang kebanyakan ada di kosmetik. Tapi setelah barangnya datangpun Bloom ini belum langsung ku coba, karena masih menimbang2 memakai sabun muka (rada trauma dengan after effect nya yaitu jerawat yang bermunculan). 

Tambahan informasi wajahku ini termasuk yang sensitive jadi kalau tidak cocok kosmetik yang digunakan langsung timbul merah-merah dan gatal-gatal di wajah. Jadi sebenarnya bukan hanya memakai cleanser nya yang buat aku ragu-ragu, tapi juga rangkaian perawatan lainnya. Tapi bermodalkan kenyataan bahwa aku selama ini bisa survive dengan face serum buatan sendiri dari Essential Oil nya Young Living dan juga sebelumnya aku memakai Charcoal Soap nya Young Living maka dengan Bismillah aku mencoba Skincare Set nya Bloom ini. 

Dan ternyata setelah dicoba, kulit wajahku aman dari jerawat. Yeaay. Alhamdulillah senangnya. Setelah 20 tahun lebih tidak memakai sabun muka sebagai perawatan wajah, aku menemukan sabun muka yang tidak menimbulkan jerawat setelah pemakaiannya.

Berdasarkan www.youngliving.com Bloom Brightening Cleanser ini adalah pembersih wajah yang membantu menghidrasi, membersihkan dan mengondisikan secara lembut, menjaga kulit tetap segar dan halus.

Manfaat Young Living Bloom Brightening  Cleanser : 
Mengangkat make up dan kotoran dengan efektif
Memberikan rasa bersih dan segar pada kulit
Membantu menjaga hidrasi kulit
Terbuat dari bahan-bahan alami
Lembut di kulit
Tanpa gluten, paraben, phthalate, pewangi
sintetis, sulfat, petroleum, dan minyak mineral
Cruelty free

Cara Menggunakan : 
Basahkan wajah dengan air suam-suam kuku, pijatkan pembersih secara lembut pada kulit. Bilas bersih dan keringkan, ulangi setiap pagi dan malam.





Sedangkan bahan-bahan yang terkandung di dalam Bloom Brightening Cleanser ini adalah natural dan bebas dari kimia yang berbahaya seperti :

Sodium hyaluronate: Melembabkan kulit dan
mendukung fungsi pelindung kulit

Pracaxi seed oil (Pentaclethra macroloba):
Mendukung hidrasi kulit
Ekstrak bunga Plumeria acutifolia:
Minyak cepat menyerap dengan efek melembabkan
untuk kulit terasa lembut dan halus; banyak digunakan
di Pasifik Selatan sebagai rahasia kecantikan rambut
dan kulit

Sheerlumé Brightening Complex: Essential oil Royal
Hawaiian Sandalwood™, Carrot Seed, Blue Cypress,
Davana , Geranium, dan Jasmine

Intinya happy banget menemukan satu lagi sabun muka yang cocok dengan kulit wajah sensitive ku. Untuk teman-teman yang juga punya masalah jerawat, mungkin bisa dilihat apa yang menyebabkan jerawat itu? Apakah karena hormon? stress? makanan? atau bahan di rangkaian skin care kita yang tidak cocok dan menimbulkan jerawat tersebut. Maka sebaiknya bahan tersebut dihindari. Seperti aku selama 20 tahun menghindari sabun muka karena ada bahan yang tidak cocok di dalamnya.. 

Yuuk sharing pengalaman kamu menggunakan skin care..