Di bulan oktober lalu aku kembali berrniat memperpanjang paspor walaupun masa berlaku masih sampai tahun depan tapi kalau dihitung2 masa berlakunya kurang dari 6 (enam) bulan kalau dihitung dari Desember 2021. Oh ya, merujuk dari twitter imigrasi jaksel, selama ini istilah perpanjangan paspor ternyata kurang tepat, yang tepat adalah "Penggantian". Kenapa disebut penggantian? karena buku paspor kita akan diganti yang baru dan nomor paspor di buku paspor juga berubah. Maka itu kita akan sebut dengan penggantian paspor ya.

Seperti biasa untuk urusan penggantian paspor aku selalu lakukan di kantor imigrasi Jakarta Selatan, karena kantor imigrasi itu yang terdekat dengan tempat tinggal ku. Dan sudah dua kali penggantian paspor ini aku urus sendiri, gak pake bantuan c*lo, gampang banget deh caranya:


1. Download aplikasi Antrian Passpor 

Sebelum datang ke kantor imigirasi pastikan kita sudah mendapatkan nomor antrian terlebih dahulu. Caranya adalah booking nomor antrian melalui aplikasi Layanan Paspor Online. Aplikasi ini bisa di dowload melalui App Store atau Google Play. Setelah di download, daftar dulu di aplikasi tersebut baru kemudian bisa booking nomor antrian passport. 

Booking nomor antrian passpor ini ada tehniknya ternyata. Jadi antrian passpor baru bisa di booking mulai dari hari Jum'at jam 14.00 sampai dengan hari Minggu jam 16.00. Tapi berdasarkan pengalaman, paling aman booking di hari Jum'at di sekitaran jam 14.00, karena biasanya kalau sudah jam 15.00 keatas quota antrian sudah penuh dan harus menunggu Jumat minggu depannya lagi untuk booking

tampilan aplikasi di OS :

Daftar lebih dahulu untuk bisa Login dan booking nomor antrian:
 
2. Datang di tanggal dan jam pilihan & Isi Formulir 


Nah di hari H nya kita tinggal datang dan akan diarahakan ke tempat registrasi, dimana petugas registrasi akan cek aplikasi antrian passpor kita dan akan memberikan form untuk diisi sekaligus memastikan kita membawa fotokopi bagian depan passpor lama dan ektp. Nah di tahap ini petugas akan memastikan fotokopi kita itu di lembar A4. Jadi waktu itu aku datang dengan fotokopi ektp yang sudah dipotong mengikuti bentuk ektp nya jadi harus fotokopi ulang. Tapi tidak perlu khawatir di halaman belakang kantor imigrasi ada tempat fotokopian kok.

Nah setelah selesai mengisi formulir perpanjangan passpor kita bisa datang kembali ke petugas tadi yang akan memeriksa kelengkapan berkas dan kemudian setelah lengkap kita diarahkan untuk ke lantai atas untuk wawancara.


3. Wawancara dan Pengambilan Foto 

Sesampai di atas karena tidak banyak antrian, aku langsung terpanggil ke counter yang dituju. Bertemu dengan petugas imigrasi yang mengecek kelengkapan berkas dan setelah komplit akan mengambil foto. Nah di tahap ini kita akan diminta untuk menunjukkan eKTP asli dan Passpor Asli yang mau diperpanjang. Nantinya passpor asli kita akan di pegang terlebih dahulu selama proses perpanjangan. 

Yang mau aku ingatkan disini adalah jangan sampai lupa membawa eKTP asli, karena aku waktu itu sempat tidak menggecek dompet dengan asumsi eKTP ku tetap ada di dompet. Dan itu adalah kesalahan besar teman-teman, karena ternyata eKTP ku sempat kupindahkan ke tas yang beda untuk keperluan check in pesawat di minggu sebelumnya 😓. Jadilah aku harus menerjang kemacetan pulang dulu ke rumah mengambil eKTP ku dan kembali lagi untuk pengambilan foto 😢


4. Membayar biaya Paspor

Setelah pengambilan foto, by the way petugasnya baik hati loh boleh ambil foto ulang kalau kita belum puas dengan hasilnya hihihi, kita akan diberikan kertas bukti pengantar pembayaran. Pada kertas tersebut akan tercantum Kode Permohonan dan Nomor Kode Bayar. Pembayaran Passpor ini bisa dilakukan melalui atm BRI, BCA, BNI, dan Mandiri, dan karena di lobby kantor imigrasi Jakarta Selatan ada atam Mandiri dan aku juga kebetulan punya kartu atm Mandiri, setelah selesai berfoto langsung saja menuju atm untuk melakukan pembayaran. 

                                    bukti pengantar pembayaran dengan kode bayar 

Cara pembayaran nya pun gampang banget kok. Bisa dilihat di gambar berikut karena kebetulan aku foto


5. Cek status perpanjangan paspor melalui WhatsApp

Setelah selesai foto biasanya diinformasikan oleh petugas kalau ePasspor akan selesai 4 (empat) hari, waktu itu kebetulan aku datang di hari senin tapi karena hari rabunya libur, aku diminta untuk ambil passpor nya di hari senin depannya lagi. Tapi aku penasaran karena di kertas bukti pengantar pembayaran tertera keterangan bahwa passpor bisa diambil 3 (tiga) hari setelah pembayaran berhasil dilakukan. 

Jadi akupun mencari2 cara untuk cek status aplikasi perpanjangan paspor, dan melalui akun resmi twitter Imigrasi Jaksel informasi nomor WhatsApp : 0821 2000 8804 untuk mengecek status aplikasi kita dengan format sebagai berikut: 

Pertama kali coba untuk kirim WA ke nomor tersebut sempat tidak ada jawaban. Sampai aku tanya melalui twitter ke akun imigrasi tadi, dan Alhamdulillah cepat dilayani. Dan setelah kucoba untuk kedua kali status aplikasi pun sudah terlihat. Waktu itu aku cek di hari jumat sore dan sudah selesai paspor ku ternyata. Tapi karena sudah terlalu sore aku ambilnya tetap di hari senin. Mungkin kalau lebih cepat cek, bisa diambil di hari jumat itu juga kayaknya.

Yang mau tau twitter resmi nya imigrasi jaksel adalah: @Kanim_Jaksel


6. Ambil Paspor di kantor Imigrasi 

Di hari senin akupun mengambil paspor di kantor imigrasi jaksel dan prosesnya sangat cepat loh. Begitu sampai di kantor imigrasi aku diarahkan oleh bapak security untuk mengambil nomor antrian khusus pengambilan paspor, lalu menunggu di tempat duduk di seberang loket pengambilan. 

Melihat beberapa bangku sudah terisi, akupun mengeluarkan handphone berniat menghabiskan waktu sambil browsing2 di hp sembari menunggu giliran dipanggil. Eh ternyata baru saja mengeluarkan hp nomorku sudah dipanggil. Cukup kaget karena langsung dipanggil, aku buru2 menghampiri loket takut salah dengar. Tapi ternyata memang betul teman2. Aku diminta menunjukkan kertas pengantar pembayaran dan paspor baru serta paspor lamaku pun diserahkan. Yeay.


7. Ada Giveaway juga loh 

Daan aku juga baru tau, untuk yang ber-ulang tahun di tanggal 30 Oktober dan mengajukan penggantian paspor di bulan oktober bisa mendapatkan kesempatan mengganti paspor dengan gratis loh. Karena 30 Oktober itu hari ulang tahun kantor imigrasi. Asyik yaa. Aku taunya karena ada teman kantor ku kebetulan yang berulang tahun di tanggal itu mengajukan perpanjangan paspor satu minggu setelah aku (waktu itu di minggu ketiga oktober). Dan dia info kalau surprisingly dia dapat kuota penggantian paspor gratis 😍 Mudah2an tahun depan masih ada lagi giveaway seperti ini  ya jadi  teman2 yang berulang tahun di tanggal 30 Oktober dan mau ganti paspor tahun depan bisa dapat kesempatan. Lumayan pake banget


Info Giveaway Free Penggantian Paspor Oktober lalu

Nah mudah bukan penggantian paspor sekarang? Tidak perlu repot membawa segala macam dokumen atau memakai jasa c*lo seperti dulu. Cukup datang sendiri dengan eKTP saja. 

Selamat mencoba ya yang dalam waktu dekat ini berniat mengganti passpor, semoga informasi ini membantu.