Untuk kamu yang mau mencoba menonton drama Thailand mungkin akan sedikit kesulitan mendapatkan tontonan gratis di internet terutama  dengan subtitle yang berbahasa Indonesia. Tidak seperti drama korea yang dapat dengan mudah kita cari dan tonton di internet, masih sulit menemukan situs website yang menyuguhkan drama thailand (disebut lakorn) dengan subtitle, adapun juga kebanyakan menggunakan subtitle Inggris. 2-3 tahun yang lalu masih bisa mendapatkan lakorn dengan subtitle Inggris di fansite, tapi banyak yang akhirnya fansite tersebut tutup dan di band karena hak cipta. Semakin sulitlah mendapatkan sumber tontonan lakorn. Untung aku masih sempat mendownload beberapa drama hihihi. 

Beruntung Netflix menyediakan beberapa drama thailand (lakorn) dengan subtitle Inggris dan Indonesia tentunya. Yeaay kabar baik untuk kamu yang berlangganan Netflix. Nah berikut adalah 5 rekomendasi Lakorn yang menurutku layak untuk ditonton di Netflix : 

1. My Husband in Law 

                                                Sumber Gambar : Google

Drama romantis komedi yang dibintangi oleh Mark Prin dan Mewnittha ini cukup hits di tahun 2020, bahkan teman2ku yang penggemar Drakor pun ikut suka drama ini. Sampai akhirnya banyak yang nge-ship mereka berdua. Psst tapi di dunia nyata Mark Prin sudah berpacaran selama 7 tahun dengan artis thai juga, dan Mewnittha baru saja menikah di tahun lalu. Tapi itu tidak mengurangi chemistry mereka di drama ini kok 😊 

Inti ceritanya sebenarnya sederhana, dimana Thien (Mark Prin) dipaksa ibunya untuk menikah dengan Muey (Mewnittha) untuk menutupi skandal perselingkuhan Thien dengan wanita bersuami yang juga seorang mafia. Muey yang sebenarnya dari jaman sekolah sudah suka dengan Thien, tentu saja menerima dengan tangan terbuka pernikahan mereka. Bisa ditebak kalau pada akhirnya mereka saling cinta, tentunya. Tapi in between, banyak kejadian konyol tapi romantis di antara mereka ditambah lagi kekonyolan teman2 mereka yang sangat menghibur untuk ditonton. 

                                                       Sumber Gambar : Google

Yang aku suka dari drama ini adalah jalan ceritanya tidak biasa, Muey ternyata bukan perempuan lemah dan konyol seperti yang sengaja ditampilkan. Untuk penyuka genre romantis komedi ini akan jadi pilihan drama untuk ditonton. Chemistry diantara pemain utama juga keren banget, makanya banyak yang nge-ship ya hehehe 😁 

Skor untuk drama ini 8/10 dari aku 


2. Thong Ek The Herbal Master (Thong Ake Mor Yah Tha Chalong) 

Sumber Gambar : Google

Berbeda dengan drama My Husband in Law yang berlatar modern, walaupun sama2 ber genre romantis komedi, drama yang dibintangi Mario Maurer dan Kimmy Kimberley ini berlatar jaman dahulu, tentang kisah percintaan seorang ahli herbal sederhana, Thong Ake (Mario Maurer), dengan anak perempuan pejabat Chaba (Kimmy Kimberley). Chemistry mereka berdua keren banget disini, tapi jangan baper nontonnya ya karena di kehidupan nyata, Kimmy Kimberley ini adalah sudah pacaran dengan Mark Prin selama 7 tahun sedangkan Mario Maurer juga sudah cukup lama berpacaran dengan seorang artis dan penari disana 😜 

Walaupun sebenarnya kisah cinta berbeda status sudah biasa, tapi menonton drama ini aku ga merasa bosan dan ga berhenti ketawa. Apalagi awal mula ketemunya Thong Ake dan Chaba ini saling sebel. Berawal dariThong Ake yang sempat bilang kalau dia ga akan suka perempuan yang seperti Chaba, disini Chaba digambarkan sebagai perempuan yang lebih suka main pedang daripada kegiatan wanita pada umumnya. Yang buat lucu adalah pada saat mereka akhirnya mulai saling ngerjain satu sama lain. 

                              Sumber Gambar : Google

Yang aku suka dari drama yang tayang di awal tahun 2019 ini adalah jalan ceritanya lumayan cepat, gak bertele-tele, dan lucu banget. Walaupun ada beberapa scene sedih yang aku sempet mewek juga, tapiii overall ini adalah salah satu drama thailand favorite ku. Chemistry antara dua pemerannya pun menurutku terbaik di tahun itu. Di negaranya drama ini punya rating yang cukup tinggi loh, 8.5 pada saat episode terakhir. Dan katanya tahun ini akan dibuat sequelnya. Yeaay can't wait. 

Skor untuk drama ini 9.5/10 dari aku 


3. Love Destiny (Bhuppae Sunniwat) 


                                            Sumber Gambar : Google

Drama romantis komedi yang menjadi salah satu drama hits Thailand dengan rating tertinggi, 13.3 di episode terakhirnya ini, dibintangi oleh Pope Tanawat (Por Date) dan Bella Ranee (Karakade). Drama yang tayang pada tahun 2018 ini diangkat dari novel yang laris di Thailand, dan kabarnya sequel drama ini akan mulai syuting di tahun 2021 ini. Bahkan dengar2 drama ini akan diangkat ke layar lebar juga loh. Keren kan?? 

Love Destiny ini ceritanya mengenai Kade (Bella Ranee) yang berasal dari masa kini tiba-tiba harus kembali ke masa lampau setelah mengalami kecelakaan. Dimana dia hidup sebagai Karakade yang pada masa hidupnya terkenal culas dan jahat. Disinilah dimulai kelucuan2 terjadi dimana Kade yang sifatnya berbeda 180 derajat dengan Karakade mencoba hidup di jaman itu. Kebayang kan bagaimana lucunya Kade yang hidup sebagai Karakade dengan cueknya membawa budaya abad 21 ke masa lampau hehehe. 

                                            Sumber Gambar : Google

Por Date adalah tunangan Karakade yang awalnya benci banget dengan sifat Karakade yang culas. Walaupun bisa ditebak pada akhirnya jatuh cinta setengah mati dengan Kade karena menyadari bahwa Karakade versi ini berbeda dengan yang sebelumnya. Drama ini bukan cuma melulu tentang percintaan, tapi juga diselipkan nuansa politik jaman dulu. Akting para pemainnya yang terlihat natural dan jalan ceritanya yang tidak biasa membuat drama ini sangat menghibur untuk ditonton. 

Skor untuk drama ini 9/10 dari aku 


4. Waves of Life (Kleun Cheewit) 

                                            Sumber Gambar : Google

Ini adalah satu drama yang aku tonton pada saat awal memulai perjalananku menonton drama Thailand hehehe. Drama yang tayang di tahun 2017 ini dibintangi oleh Mark Prin (Sathit) dan Yaya Urassaya (Jee). Sama seperti drama my husband in law, chemistry kuat antara pemain utama membuat banyak shipper pasangan ini, tapi seperti Mark, Yaya juga sudah pacaran selama 9 tahun dengan salah satu aktor papan atas Thailand, Nadech Kugimiya. Dan di dunia nyata pasangan Mark-Kimmy dan Nadech-Yaya ini berteman akrab, malah beberapa kali terlihat double date. 

Okey setelah gibahin pemeran utamanya hihihi mariii langsung membahas ceritanya. Drama ini ber genre romantis, dan lebih serius dibandingkan dengan 3 (tiga) drama yang sudah aku bahas diatas. Dengan banyak kesalah pahaman antara pemain utama di awal2 cerita. Dimulai dengan Jee yang ceritanya adalah seorang artis papan atas, tidak sengaja menabrak tunangan Sathit hingga meninggal, membuat Sathit dendam. Sathit yang juga seorang pengacara lalu berusaha berusaha mencari bukti kesalahan Jee untuk dituntut ke pengadilan. Walaupun sebenarnya Jee menabrak tunangan Sathit karena waktu itu Jee tidak sadar sudah diberi obat bius oleh ayah tirinya. 

 
                                            Sumber Gambar : Google

Konflik dan kesalah pahaman makin menjadi-jadi karena Jee dekat dengan Chaiyan (Louis Scott) suami dari adik angkat Sathit, Piak (Toey Jaripon). Padahal hubungan mereka hanya sebatas rekan kerja. Walaupun ceritanya seputar dendam dan sarat dengan drama kesalahpahaman, tapi drama ini layak untuk ditonton. Chemistry  dan visual pemeran utama yang keren, deretan pemain yang kece2, dan akting para pemainnya yang oke, adalah alasan aku memilih drama ini sebagai rekomendasi. Kita jadi ikutan kesel, gregetan, dan senyum2 sendiri sepanjang film ini.

Skor untuk drama ini 8.5/10 dari aku 

5. The Frenemy (Plerng Boon 2017) 

Sumber Gambar : Google

Diantara 5 drama rekomendasi ku the frenemy ini adalah drama paling serius yang menguras air mata. Tapi aku sukaa. Drama yang tayang di tahun 2017 ini dibintangi Pong Nawat (Rerk), Bella Ranee (Pimala), Janie Thienphosuwan (Jai Rerng), dan Louis Scott (Terdpan). Kisahnya seputar perselingkuhan dan persahabatan. Penyuka drama yang penuh konflik rumah tangga yang menguras air mata pasti menikmati drama ini. 

Diceritakan Pimala yang bersahabat dengan Jai Rerng sejak kecil, dimana Jai Rerng digambarkan sebagai seorang gadis egois sementara Pimala selalu mengalah kepada sahabatnya itu. Sebagian juga karena Pimala merasa berhutang budi karena Jai Rerng pernah menolongnya pada saat dia kesulitan. Suatu saat Rerk pindah ke daerah tempat tinggal mereka, lalu berpacaran dengan Jai Rerng. Sampai akhirnya Jai Rerng memutuskan Rerk dan menikah dengan Terdpan yang lebih kaya raya dan pindah ke luar negeri. 

Patah hati ditinggal Jai Rerng, Rerk menjadi dekat dengan Pimala, mereka pun berpacaran dan akhirnya menikah. Konflik dimulai pada saat Jai Rerng kembali ke Thailand, dan masuk kembali ke kehidupan Pimala. Jai Rerng yang akhirnya bercerai dengan Terdpan karena suaminya bangkrut, memohon untuk tinggal bersama Pimala dan suaminya yang juga mantan pacarnya. Bisa ditebak kemudian terjadi perselingkuhan antara Jai Rerng dengan Rerk, yang berujung dengan hamilnya Jai Rerng. Konflik dan drama berlinangan air mata pun dimulai. Gimana kelanjutannya? bisa ditonton sendiri ya teman2. Yang jelas walaupun bukan genre kesukaanku, surprisingly ini jadi drama yang aku lumayan suka. 

Skor untuk drama ini 7.5/10 dari aku 


Nah teman-teman.. demikian 5 Lakorn rekomendasi aku yang bisa kamu tonton melalui Netflix untuk menemani weekend kamu. Skor yang aku kasih itu pendapat pribadi jadi bersifat subjektif, mungkin saja skor teman-teman berbeda dengan skor ku. Kalau ada drama yang bagus, boleh donk aku dikasih tau juga. Selain di Netflix akupun sering mencari drama thailand ini di situs2 fan based yang kebanyakan subtitle nya Inggris. Tapi untuk beberapa drama terkenal ada juga loh terjemahan bahasa indo nya. Semoga makin banyak ya drama yang diterjemahkan. Selamat menonton 😊